Klik Disini
BREAKING

Tuesday 5 January 2016

Tahun Ini, Perekonomian Jatim Diprediksi Lampaui Nasional


JAWATIMURPOST, SURABAYA – Perekonomian Jawa Timur pada tahun ini diprediksi akan membaik, bahkan bisa mencapai level di atas pertumbuhan nasional. Hal itu diyakini ekonom Universitas Airlangga Surabaya, Soebagyo.

"Saya optimistis dengan pertumbuhan ekonomi di Jatim yang makin membaik, bahkan di atas pertumbuhan nasional. Terlihat selama ini Jatim telah menorehkan capaiannya di atas nasional," ujarnya.

Optimisme itu didasarkan banyak faktor, di antaranya sumber daya yang relatif cukup untuk selalu meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, sektor industri juga menjadi faktor yang paling kuat dalam peningkatan perekonomian di Jatim.

Selain industri, sektor pertanian menjadi penyumbang kedua karena sektor tersebut menjadi spesifikasi di Jatim, khususnya padi. Apalagi selama ini hasil pertanian Jatim selalu surplus, bahkan sampai bisa menyuplai daerah lain.

"Sektor pertanian di Jatim seakan menjadi tulang punggung perekonomian Jatim ketika kondisi industri sedang mengalami pelemahan seperti yang terjadi sepanjang tahun 2015. Oleh karena itu, sektor pertanian harus mendapat perhatian lebih," tukasnya.

Tak hanya itu, sektor perdagangan dan perhotelan juga menjadi faktor berikutnya karena Jatim memiliki banyak keunggulan dengan lokasinya yang sangat strategis. Karena itu ia memprediksi pertumbuhan ekonomi nasional tumbuh sekitar 5,3 persen, dan perekonomian Jatim bisa tumbuh sekitar 5,6-5,8 persen. (*)

Sumber : jatimtimes.com

About ""

Terimakasih Sudah Berkunjung di JAWATIMURPOST, Kritik dan Saran Kami sangat Mengharapkan. Jika Informasi Yang Kami Sajikan Memuaskan Anda, Shere And Like Link Website dan Fans Page Kami, Ok!!.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 JAWA TIMUR POST
Design by FBTemplates | Distributed by Kaizentemplate.